Ingin Punya Kulit Sehat? Konsumsi 11 Jenis Makanan Ini

Tabir surya membantu kulit dari luar untuk menjaga kesehatan kelembaban alami. Namun, dukungan dalam negeri, seperti makanan dan minuman tertentu, juga memiliki peran yang sama pentingnya untuk kesehatan kulit kita.

Pasalnya, dalam cara meninggikan badan makanan yang kita konsumsi, mengandung beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kulit. Apa saja makanan sehat yang harus dikonsumsi setiap hari?

1. Stroberi

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan kaya vitamin C, seperti stroberi, membantu mengurangi munculnya keriput dan kulit kering akibat proses penuaan.

Peran vitamin C dalam hidrasi kulit mungkin karena kemampuannya untuk menetralisir radikal bebas akibat sinar ultraviolet dan juga mempromosikan proses sintesis kolagen, yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

2. Pepaya

Pepaya adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar ultraviolet.

Makanan sehat yang kaya akan vitamin C termasuk pepaya, brokoli dan sayuran lainnya.

3. Tomat

Banyak yang mengkonsumsi lycopene (zat karotenoid yang menghasilkan tomat merah) yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

Dalam sebuah penelitian, peserta yang terpapar paparan sinar UV memiliki sedikit risiko iritasi kulit setelah makan 2,5 sendok makan pasta tomat atau minum setidaknya 350 ml jus wortel dalam sehari, selain makanannya. setiap hari selama 10-12 minggu.

4. Edamame

Edamame kaya akan isoflavon yang bertindak sebagai antioksidan, membunuh dan memberantas radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Isoflavon juga dapat membantu pemulihan produksi kolagen, yang mulai berkurang sekitar 20 tahun.

5. paprika merah

Paprika merah sedang bisa memenuhi 200 persen kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari. Mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, karena vitamin C membantu memperbaiki kerusakan DNA sinar UV.

6. Labu

Seperti lycopene, beta karoten (zat yang menghasilkan labu oranye) bisa melindungi kulit dari sinar UV. Beta karoten juga bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, yang bisa menjaga mata, tulang dan sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

7. Bayam

Bayam memiliki kadar lutein yang tinggi, berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Saat membeli bayam, pilih bayam di atas tumpukan, yang lebih terkena sinar matahari.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh The Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan bahwa bayam yang disimpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan peningkatan kadar vitamin C, K dan E, karotenoid lutein folat dan zeaxanthin.

8. Kopi

Selain berbagai sayuran dan buah yang disebutkan di atas, kopi juga termasuk dalam makanan sehat-kulit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The European Journal of Cancer Prevention, secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Hasil penelitian terhadap lebih dari 93 ribu wanita menunjukkan bahwa mereka yang minum secangkir kopi dengan kafein setiap hari melihat penurunan risiko terkena kanker kulit non-melanoma hingga 10 persen.

9. Tahu

Tahu bisa membantu produksi kolagen yang bisa melembutkan kulit, karena tahu kaya isoflavon.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of American College of Nutrition, tikus yang menerima isoflavon dan kemudian terpapar sinar ultraviolet memiliki keriput lebih sedikit daripada tikus yang terpapar sinar UV dan tidak menerima isoflavon.

Periset percaya bahwa isoflavon membantu mencegah kekurangan produksi kolagen.

10. Salmon

Menurut sebuah penelitian manfaat lari pagi 2009 di American Journal of Clinical Nutrition, asam lemak omega-3 DHA dan EPA (docosahexaenoic dan eicosapentaenoic acids) yang ditemukan pada salmon dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh petir. UV

Periset mengikuti kebiasaan makan lebih dari seribu orang dewasa Australia selama sekitar 5 tahun dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari 5 ons ikan yang kaya akan omega-3 (seperti salmon) setiap minggu dapat mengurangi risiko gejala hingga 30%. kanker kulit

11. Tuna

Tak hanya salmon, tuna dan ikan lain yang kaya akan omega-3 juga masuk dalam daftar makanan sehat untuk kulit. Kandungan Omega-3 dalam tuna dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan mencegah kanker kulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Penyebab Telinga Sering Berdenging?

5 Manfaat Alami Jahe Untuk Kecantikan Anda